Sabtu, 30 Maret 2019

13 Taktik Promosi Yang Menarik

Berjualan produk atau jasa, promosi tetap harus dilakukan untuk menaikkan brand awareness dan tentu saja menghasilkan keuntungan. Terkadang, cara promosi ini menjadi sesuatu yang sulit karena tidak tahu bagaimana cara dan memulainya. Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk kegiatan promosi. Seperti penjelasan dibawah ini : 


1. Memberikan Diskon
diskon
Tidak bisa dipungkiri, cara ini merupakan cara paling jitu untuk mendatangkan konsumen, baik konsumen baru atau lama. Konsumen baru tentunya akan semakin tertarik dengan diskon yang ditawarkan, sedangkan konsumen lama akan semakin loyal karena senang selalu diberikan diskon.

2. Menggunakan Brosur
brosur
Tentunya promosi yang dilakukan juga bisa menggunakan brosur. Anda bisa membagikannya saat menghadiri event-event tertentu atau diletakkan di pusat informasi. Brosur ini tentunya akan memberikan banyak informasi mengenai produk atau jasa Anda pada pembaca.

3. Tawaran Free Shipping
free-shipping
Untuk area tertentu, Anda bisa memberikan tawaran free shipping atau biaya pengiriman gratis. Tentunya dengan beberapa ketentuan. Cara ini biasanya termasuk ampuh karena pembeli sudah ditawarkan dengan kata ‘gratis’ terlebih dahulu.

4. Memberi Bonus
Cara ini juga termasuk ampuh dan menyenangkan pelanggan. Anda bisa memberikan bonus tanpa diduga sesekali untuk pelanggan yang sudah lama berbelanja di tempat Anda. Misalnya dengan memberikan T-shirt gratis atau buku memo. Dengan begitu, Anda juga sudah melakukan kegiatan promosi karena T-shirt atau buku memo tersebut pasti akan digunakan oleh pembeli kapan saja. 


5. Free Voucher
gift-card
Anda bisa melakukan kegiatan promosi dengan memberi layanan free voucher. Free voucher ini bisa digunakan untuk pembeli yang misalnya mau memberikan hadiah untuk temannya berupa voucher. Voucher ini nantinya bisa dijadikan potongan harga bagi yang menerimanya.

6. Membership
membership-1
Cara ini juga termasuk jitu karena pelanggan yang sudah mendapatkan membership pastinya sudah melewati beberapa ketentuan, seperti minimal berbelanja, sudah berapa lama menjadi pelanggan, dan lain-lain. Maka, pelanggan yang sudah menjadi member pasti akan memanfaatkan keanggotaannya untuk terus berbelanja di tempat Anda.

7. Menggunakan Banner
banner
Banner pun sangat berguna untuk cara promosi yang jitu. Banner atau spanduk bisa diletakkan di mana saja dan kapan saja. Dengan banner, Anda sudah bisa memperkenalkan produk atau jasa yang dijual sekaligus sedikit informasi. 


8. Menggunakan Sosmed
sosmed
Saat ini era digital sudah sangat marak. Tentunya Anda juga harus menggunakan social media untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Terlebih, kebanyakan orang saat ini menggunakan sosmed untuk mencari informasi apapun.

9. Menggunakan Kalender

kalender
Jangan salah, kalender juga merupakan cara jitu untuk kegiatan promosi. Dibandingkan media promosi seperti flyer dan brosur, cara ini terbilang lebih ampuh. Sebab, kalender pastinya akan digunakan oleh pelanggan dan dilihat terus menerus. Dengan begitu, awareness dalam diri orang yang melihat tentang brand Anda pasti akan tertanam.

10. Partnership
partnership
Berpartner dengan usaha lain yang sudah lebih maju juga bisa jadi cara promosi yang jitu. Tentunya mereka sudah lebih banyak dikenal orang, punya lebih banyak followers di sosmed-nya, dan sudah dipercaya oleh pelanggan-pelanggannya. Dengan bekerja sama, tentunya brand usaha Anda akan ikut pula dipromosikan oleh mereka.
11. Membuat Blog 
Blog belakangan ini sudah menjadi trend yang menjamur diseluruh dunia. Anda bisa memanfaatkan blog sebagai media menulis hingga media mencari uang. Cukup bermodal ketekunan Anda untuk menulis sesuai standar SEO.

12. Memasang iklan digoggle dan publishernya
 Memasang iklan di google adalah cara promosi prosuk secara online yang paling efektif. Kita tahu bahwa pengguna internet selalu menggunakan Google ketika mencari informsi tentang sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan mereka. Dan itu masih terus berlangsung hingga saat ini, mungkin selama masih ada internet didunia. Iklan yang tampil pada saat pencarian Goggle dan juga pada situs jaringan publiser Goggle adalah spot yang efektif bagi para pembisnis untuk memasarkan produk mereka secara online. Selain itu,menurut banyak informasi dari pada pengiklan, konversi penjualan iklan di Google dan jaringan publishernya jauh lebih baik ketimbang iklan dimedia sosial 

13. Adakan Program Give away 

Kalau akun kalian tidak memiliki followers yang banyak, sebaiknya promosikan giveaway kalian lintas platform agar semakin banyak orang yang mengetahui giveawy kalian dan mau join. Contoh : Promosi media line, website, blog, instagram story, email newsletter dan in-store signage (kalau kalian punya toko offline.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar